Artikel ini sudah dibaca 26910 kali!

Tekanan darah adalah tekanan yang dihasilkan jantung, yang kemudian diteruskan keseluruh pembuluh darah. Tekanan darah terdiri dari tekanan sistolik dan tekanan diastolik. Tekanan sistolik ditimbulkan oleh kontraksi jantung, sedangkan tekanan diastolik ditimbulkan saat jantung berelaksasi. Dalam keadaan normal kedua tekanan ini akan turun dan naik secara bersamaan. Secara normal tekanan darah akan sedikit naik turun sesuai dengan aktivitas dan emosi, juga dapat berubah sesuai usia, jenis kelamin dan penyakit. Tekanan darah wanita biasanya 10 mmHg lebih tinggi dari pria.

Alat yang dibutuhkan
• Alat pengukur tekanan darah (tensimeter, sphygmomanometer). Terdiri alat pengukur berbentuk jarum atau air raksa, dan manset yang direkatkan di lengan atas dan dihubungkan dengan pipa karet ke alat pengukur..
Stetoskop, jika tidak ada stetoskop dapat dengan palpasi jari.

Cara mengukur tekanan darah
1. Pasang manset pada lengan atas, dengan tepi bawah manset terletak 1 jari diatas lipat siku. Ada beberapa ukuran manset, tapi umumnya yang digunakan hanya satu jenis ukuran.
2. Pompa manset, sambil meraba arteri radialis sampai denyut nadi teraba, kemudian pompa lagi sampai 30 mmHg lebih tinggi.
3. Pasang stetoskop pada arteri brakialis, atau bila tidak ada gunakan 3 jari tangan untuk meraba arteri brakialis.
4. Turunkan jarum/air raksa perlahan-lahan sambil mendengarkan denyut nadi. Angka yang ditunjukkan ketika bunyi yang pertama muncul adalah tekanan sistolik. Angka yang ditunjukkan ketika denyut nadi menghilang adalah tekanan diastolik. Bila dengan palpasi jari, hanya dapat menentukan tekanan sistolik yaitu pada saat teraba denyut nadi arteri brakialis.

Nilai Normal Tekanan Darah
Dewasa:

  • Sistolik 130-90 mmHg
  • Diastolik 90-70

Anak (<12 tahun)

  • Sistolik: (2 x umur) + 80 mmHg
  • Diastolik: 50-80 mmHg

Tekanan darah yang rendah menunjukkan kegagalan sirkulasi, yang dapat diakibatkan gangguan jantung, kehilangan cairan dan gangguan saraf. Namun karena banyak hal yang mempengaruhi tekanan darah, kita juga harus mempertimbangkan tanda vital lainnya.

Bergabunglah bersama Medicinesia untuk dapatkan artikel-artikel terbaru kami!
Tagged on:

One thought on “Mengukur Tekanan Darah

  • August 1, 2012 at 8:22 am
    Permalink

    klo tekanan normal untuk wanita dan pria berapa??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Dapatkan

diskon 15%

saat belanja di zalora.co.id

dengan kode voucher:

ZBAPimR